Minggu, 21 November 2010

NERAKA DUNIA

Judul : Neraka dunia
Nama Pengarang : Nur Sutan Sukandar
Penerbit : Balai Pustaka
Kota terbit : Jakarta
Tahun terbit : 2001
Jumlah Halaman : 176
Warna cover : Merah
Jenis kertas : HVS
Didalam buku ini mengisahkan kehidupan seorang pemuda yang bernama Ahmad Salam yang dulunya hidup di kota Surabaya, dan dimana ia pergi merantau ke Jakarta untuk mencari pekerjaan , hingga ia bersusah payah akhirnya ia menjadi seorang yang kaya.
Waktu itu ai pergi melihat pertunjukan barang tenun, renda-renda buatan tangan dan lain lain dengan temannya. Ia melihat seorang perempuan cantik yan duduk dengan tenang yang bernama aisah, namun ketika ia dihampiri oleh A.Salam ternyata aisah meniggalkannya
Lambat naun A.Salam semakin kenal dengan aisah, karena A.Salam sering pergi kerumah aisah dari hari ke hari berganti menjadi bulan dan akhirnya menjadi tahun. A.Salam memberanikan diri untuk meminta izin kepada kedua orang tua Aisah, akhirnya A.Salam mendapat izin dari orang tua asiah.
Beberapa minggu kemudian A. Salam mengajak aisah berjalan jalan ke kebun raya bogor menggunakan Kereta api, disana mereka berdua saling mengungkapkan tentang isi hatinya kepada pasangannya, dan serta diselimuti ydara yan sejuk dan nyaman bagi mereka semakin harmonis saja. Karena hari yang sudah sore mereka pun pulang ke Jakarta, akhirnya mereka pun datang jam sepuluh malam dan beristirahat
Siang itu hari terasa panas terlihat sekilas di leher dan kerongkongan A.Salam sangat merah dan berbintik bintik. Penyait sipilis itu dia derita ketika ia masih di Surabaya. Penyakit itu pun terlihat oleh Aisah dan diajak berobat ke dokter namun A.Salam menolak dan hanya berpura pura Cuma sakit gatal. Karena A.Salam tidak ingin mengetahui Aisah mengetahui penyakit yang dideritanya karena pernikahan mereka tinggal beberapa hari lagi.
Setelah pernikahannya dengan A.Salam ayah Aisah berencana menjenguk anaknya yang sedang menjenguk tapi sebaliknya ayah aisah meninggal dunia ketika Aisah mengandung. Ketika ayah aisah meninggal dan dikuburkan anak aisah pun terlahir setelah mengetahui kejadian itu Aisah menjadi stress, namun sabarnya bidan akhirnya Aisah menerima kejadian tersebut.
Setelah fit keadaanya ia diperbolehkan pulang denga ankanya, namun dirumah tersebut. Aisah dan anaknya sakit sakitan karena air susu ibu tidak bisa keluar dan kering, oleh karena itu dokter sering pergi kerumahnya untuk mengecek kesehatannya, akhirnya susu air ibu tersebut diganti dengan air susu sapai den makanannya diganti dengan lainnya.
Karena kondisi yang sakit sakitan ini membuat anak dari Aisah dan A.Salam meninggal, namun Aisah tidak bias menerimanya dan menyalahkan A.Salam penyebabnya karena penyakit yang diderita oleh A.Salam. dan Aisah berprilaku seolah olah anaknya masih hidup dan ia melakukan gerakan menimang nimang hingga menyusui.
A.Salam Menghampiri istrinya yang stres ia mendapat saran dari dokter supaya Mengajak Aisah pergi hiburan setelah sembuh, namun Aisah salah pengertian Sehinnga Aisah memeluk A.Salam dengan mengatakan “ Jangan Kau tinggalkan Saya”. Dan akhirnya mau menerima apa adanya
Akhirnya keduannya berpandang pandangan tidak lama kemudian ia terbayang kilau kilauan sinar cinta kepada seseorang, cinta yang tak kenal mati, Cinta yang kuat melawan dan menghapuskan segala keburukan dan kejahatan di masa depan.
Menurut Saya buku ini mempunyai kelebihan dimana pembaca bias merasakan yang apa dirasakan oleh tokoh, disertai gambar bahasa yang romantic dan mengetuk hati, namun memiliki kekurangan yaitu Gambar yang masih hitam putih.
Penilaian Saya terhadap buku ‘NERAKA DUNIA’ Adalah Jangan Samapai anda tidak membaca buku ini karena buku ini sangat romantic, dan mengajari Cinta yang Sejati.

0 komentar:

Posting Komentar